Sharing Pengalaman Sebagai NOC
Sebelumnya apa itu NOC ?
Network Operation Center adalah salah satu profesi dibidang IT yang melakukan Monitoring dan Troubleshooting terhadap infrastruktur jaringan yang divisualisasikan dengan software-software monitoring seperti The Dude, Zabbix, Dan software monitoring lainnya.
Dimana dengan software tersebut kita dapat melihat bagaimana lalu lintas jaringan pada infrasturcture berjalan. Karena ranah NOC adalah Operation maka tidak hanya berhubungan dengan jaringan komputer saja melainkan akan berhubungan langsung juga dengan para pelanggan.
NOC memiliki peranan penting dalam menginformasikan status layanan pelanggan baik dari email, telpn, chat, dan platform yang digunakan oleh perusahaan kepada pelanggan dan memastikan layanan aktif 24x7 dengan tujuan meminimalisir terjadinya gangguan ataupun downtime dan memaksimalkan SLA (Service Level Aggrement) yang diberikan kepada pelanggan.
Bagaimana cara agar bisa menjadi NOC ?
Tentunya hal yang pertama kali harus dikuasai adalah dasar-dasar dalam jaringan komputer, Seperti TCP/IP, IP Address, dan teknik dasar seperti Routing & Switching. Dulu saya belajar di SMK jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan sembari mengikuti training-training ketika ada kesempatan dan waktu luang.
Sharing Pengalaman menjadi NOC
Setelah menekuni sebagai NOC selama 6 bulan banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari baik secara teknis ataupun non teknis. Pada hari pertama saya bergabung sebagai NOC di salah satu perusahaan ISP di Jakarta yaitu PT. Mitra Akses Globalindo hal yang pertama saya ingin ketahui adalah bagaimana cara kerja sebagai NOC, Mulai dari menangani complain pelanggan, Kemudian topologi infrastructure jaringan yang digunakan sampai apa yang harus dilakukan ketika link mengalami gangguan.
Pada hari pertama, Saya banyak sekali bertanya pada senior disana mengenai hal-hal teknis sampai budaya perusahaan dan mencatat hal-hal penting yang perlu saya ketahui. Setelah 3-4 Bulan saya didampingi oleh senior dan mempelajari cara menangani pelanggan dan hal-hal teknis yang baru saya temui, Kemudian saya pun diizinkan melakukan monitoring sendiri serta mulai diberlakukan jam kerja shift.
Hari pertama saya melakukan monitoring terdahap infrastructure jaringan sendiri, Ini cukup mengerikan untuk saya sejujurnya. Saya hanya mencoba memaksimalkan hal-hal yang sudah saya pelajari selama ini ditambah dengan wawasan budaya yang saya ketahui selama 3-4 bulan sebelumnya.
Alhasil dengan bantuan senior yang menjawab pertanyaan ketika ada hal-hal yang tidak saya ketahui, Saya dapat menjalankan monitoring dan troubleshooting. Hingga akhirnya sudah bisa dilepas sendiri pun saya masih mencoba untuk selalu bertanya terdahap hal yang belum saya ketahui.
Setelah beberapa bulan berlalu banyak sekali suka duka yang dilalui, Ditambah dengan jam kerja shift diharuskan untuk menyampaikan gangguan pending, done, on progress kepada rekan shift yang lain.
Memiliki ruang dan monitor sendiri ini sangat seru untuk saya pribadi.
Saya juga ikut terjun kelapangan untuk mengetahui kondisi asli dari link yang saya monitor juga diizikan untuk berkunjung ke Data Center kami bersama dengan para senior.
Keuntungan yang lain adalah ketika waktu luang kita dapat mempelajari hal baru sembari melakukan monitoring jaringan. Dalam menerima complain pun dapat mempelajari hal baru seperti komunikasi yang baik dengan pelanggan, Membuat laporan dan ticketing serta bagaimana menyampaikan informasi secara jelas dan efisien.
Sampai saat tulisan ini dibuat pun saya masih menjadi bagian dari team NOC.
Hal penting menurut saya dalam menjalani pekerjaan tersebut adalah bertanya, Bukan sebagai NOC saja melainkan dalam banyak bidang yang lain. Dan ada baiknya jadilah seperti gelas kosong agar dapat menyerap hal-hal yang baru. Jika kalian sudah tahu pun tidak ada salah nya untuk menjadi gelas kosong ketika baru bertemu dengan suatu hal.
Mungkin sekian sharing pengalaman saya selama menjadi NOC di salah satu Service Provider di Jakarta, Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan terhadap diri saya. Sekali lagi terimakasih NOC Team, Semoga bisa bertemu di lain kesempatan dalam hari yang baik dan waktu yang baik.
Saya sadar masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus saya perbaiki, Terimakasih atas support dan ilmu yang telah diberikan selama ini.
Tepat saya menulis postingan ini adalah H-2 sebelum saya meninggalkan posisi sebagai NOC, Saya berharap semoga pada kesempatan saya yang baru bisa membentuk diri saya menjadi lebih baik lagi. Good luck NOC Magnet :)
Best Regards,
Tegar Virgiawan
H-2 X
“The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing.”
Dimana dengan software tersebut kita dapat melihat bagaimana lalu lintas jaringan pada infrasturcture berjalan. Karena ranah NOC adalah Operation maka tidak hanya berhubungan dengan jaringan komputer saja melainkan akan berhubungan langsung juga dengan para pelanggan.
NOC memiliki peranan penting dalam menginformasikan status layanan pelanggan baik dari email, telpn, chat, dan platform yang digunakan oleh perusahaan kepada pelanggan dan memastikan layanan aktif 24x7 dengan tujuan meminimalisir terjadinya gangguan ataupun downtime dan memaksimalkan SLA (Service Level Aggrement) yang diberikan kepada pelanggan.
Bagaimana cara agar bisa menjadi NOC ?
Tentunya hal yang pertama kali harus dikuasai adalah dasar-dasar dalam jaringan komputer, Seperti TCP/IP, IP Address, dan teknik dasar seperti Routing & Switching. Dulu saya belajar di SMK jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan sembari mengikuti training-training ketika ada kesempatan dan waktu luang.
Sharing Pengalaman menjadi NOC
Setelah menekuni sebagai NOC selama 6 bulan banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari baik secara teknis ataupun non teknis. Pada hari pertama saya bergabung sebagai NOC di salah satu perusahaan ISP di Jakarta yaitu PT. Mitra Akses Globalindo hal yang pertama saya ingin ketahui adalah bagaimana cara kerja sebagai NOC, Mulai dari menangani complain pelanggan, Kemudian topologi infrastructure jaringan yang digunakan sampai apa yang harus dilakukan ketika link mengalami gangguan.
Pada hari pertama, Saya banyak sekali bertanya pada senior disana mengenai hal-hal teknis sampai budaya perusahaan dan mencatat hal-hal penting yang perlu saya ketahui. Setelah 3-4 Bulan saya didampingi oleh senior dan mempelajari cara menangani pelanggan dan hal-hal teknis yang baru saya temui, Kemudian saya pun diizinkan melakukan monitoring sendiri serta mulai diberlakukan jam kerja shift.
Hari pertama saya melakukan monitoring terdahap infrastructure jaringan sendiri, Ini cukup mengerikan untuk saya sejujurnya. Saya hanya mencoba memaksimalkan hal-hal yang sudah saya pelajari selama ini ditambah dengan wawasan budaya yang saya ketahui selama 3-4 bulan sebelumnya.
Alhasil dengan bantuan senior yang menjawab pertanyaan ketika ada hal-hal yang tidak saya ketahui, Saya dapat menjalankan monitoring dan troubleshooting. Hingga akhirnya sudah bisa dilepas sendiri pun saya masih mencoba untuk selalu bertanya terdahap hal yang belum saya ketahui.
Setelah beberapa bulan berlalu banyak sekali suka duka yang dilalui, Ditambah dengan jam kerja shift diharuskan untuk menyampaikan gangguan pending, done, on progress kepada rekan shift yang lain.
Memiliki ruang dan monitor sendiri ini sangat seru untuk saya pribadi.
Saya juga ikut terjun kelapangan untuk mengetahui kondisi asli dari link yang saya monitor juga diizikan untuk berkunjung ke Data Center kami bersama dengan para senior.
Keuntungan yang lain adalah ketika waktu luang kita dapat mempelajari hal baru sembari melakukan monitoring jaringan. Dalam menerima complain pun dapat mempelajari hal baru seperti komunikasi yang baik dengan pelanggan, Membuat laporan dan ticketing serta bagaimana menyampaikan informasi secara jelas dan efisien.
Sampai saat tulisan ini dibuat pun saya masih menjadi bagian dari team NOC.
Hal penting menurut saya dalam menjalani pekerjaan tersebut adalah bertanya, Bukan sebagai NOC saja melainkan dalam banyak bidang yang lain. Dan ada baiknya jadilah seperti gelas kosong agar dapat menyerap hal-hal yang baru. Jika kalian sudah tahu pun tidak ada salah nya untuk menjadi gelas kosong ketika baru bertemu dengan suatu hal.
Mungkin sekian sharing pengalaman saya selama menjadi NOC di salah satu Service Provider di Jakarta, Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan terhadap diri saya. Sekali lagi terimakasih NOC Team, Semoga bisa bertemu di lain kesempatan dalam hari yang baik dan waktu yang baik.
Saya sadar masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus saya perbaiki, Terimakasih atas support dan ilmu yang telah diberikan selama ini.
Tepat saya menulis postingan ini adalah H-2 sebelum saya meninggalkan posisi sebagai NOC, Saya berharap semoga pada kesempatan saya yang baru bisa membentuk diri saya menjadi lebih baik lagi. Good luck NOC Magnet :)
Best Regards,
Tegar Virgiawan
H-2 X
0 Comments